Jaga Fungsional Infrastruktur, BWSS V Padang Lakukan Pemeliharaan Berkala Kolam Retensi Ulakkarang - Go Asianews

Breaking


Tuesday, May 31, 2022

Jaga Fungsional Infrastruktur, BWSS V Padang Lakukan Pemeliharaan Berkala Kolam Retensi Ulakkarang

 

Kepala Satker OP SDA- BWS Sumatera V Padang, Aditya Sidik Waskito, ST,M.Si,M.Sc.

GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) terus bergerak secara berkesinambungan dalam melakukan upaya menjaga fungsional infrastruktur-infrastruktur pengendalian banjir.


Salahsatunya dengan melakukan aktivitas pengerukan sedimen, kegiatan ini merupakan bagian untuk menjaga fungsional Infrastruktur agar tetap berfungsi maksimal.


Pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi Ulakkarang Kota Padang, merupakan salahsatu titik kegiatan yang tengah dilakukan saat ini oleh BWSS V Padang. 

Pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi Ulakkarang Kota Padang, (Sesi Kolam I yang telah selesai dilakukan pengerukan)


Melalui Satker OP SDA-BWSS V Padang, pengerukan sedimen kolam retensi Ulakkarang diharapkan memiliki daya tampung air terhadap aliran sungai tersebut dapat kembali maksimal.


Didukung dengan APBN sebesar Rp 2.7 miliar, CV. Anugrah Abadi dipercaya untuk melakukan pekerjaan tersebut, dengan konsultan supervisi CV. Adhitama Karya.


Kepala Satker OP SDA- BWS Sumatera V Padang Aditya Sidik Waskito, ST,M.Si,M.Sc. saat dihubungi menjelaskan, selain pengerukan sedimen, bagian fisik kolam retensi Ulakkarang Kota Padang juga akan diperbaiki.


"Giat pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi Ulakkarang Kota Padang tidak saja berfokus pada pengerukan sedimen, tapi juga pada bagian fisiknya," jelas Aditya Sidik Waskito pada media ini (31/05).


"Setelah pengerukan, bagian-bagian fisik yang telah dinilai sangat butuh perbaikan pada konstruksi tersebut akan dibenahi"


Terkait persentase anggaran untuk perbaikan fisik, Aditya menjelaskan, "sebesar 16% dari nilai terkontrak merupakan anggaran untuk perbaikan fisik kolam retensi Ulakkarang Kota Padang ini" jelasnya.

Pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi Ulakkarang Kota Padang, (sesi kolam II yang tengah dilakukan pengerukan)


Secara terpisah, saat ditemui dilapangan, konsultan supervisi CV. Adhitama Karya menjelaskan kalau progres pekerjaan berada pada kisaran 23 %.


"Terhitung pada Sabtu kemaren (28/05), progres kegiatan berada pada kisaran 23%," ucap Imam Sejati, Selasa (31/05), selaku Supervisi pada kegiatan tersebut.


Lebih lanjut Imam memaparkan, "Direncanakan pengerukan sedimentasi kolam retensi ini melebihi 13 ribu kubik, dan 3 ribu kubik telah dilakukan pada ruas kolam I (satu)".


Terkait kendala yang terjadi saat melakukan pekerjaan, Imam menjawab tentu ada, tapi kita selalu mengadakan diskusi, untuk mencari solusinya, ungkap Imam.


Dikesempatan yang sama, bagian dari manajemen CV. Anugrah Abadi yang bertanggung jawab dilapangan memastikan aktivitas kegiatan tidak akan menggangu warga sekitar.


"Dengan metoda kerja yang memerhatikan aspek lingkungan, kami pastikan kegiatan yang tengah berjalan dapat terealisasi dengan lancar," ungkap Nur Aprianto.


"Langkah-langkah penanganan telah kami siapkan, seperti terjadi pencemaran akses jalan kerena tumpahan lumpur (sedimen) saat langsir menggunakan dumtruck, juga termasuk kerusakan infrastruktur disaat alat berat melakukan pekerjaan".


"Untuk meminimalisir tumpahan sedimen, dumtruck yang membawa sedimen kami lengkapi dengan geotextile, dan jikapun masih ada tumpahan lumpur sedimen dipermukaan jalan karena kebocoran pada celah ombeng bak dumtruck waktu melakukan pembuangan, kita selalu melakukan pembersihan terhadap jalan-jalan tersebut, dan juga  melakukan penyiraman jalan dua kali sehari untuk menetralisir debu" terangnya.


Kemudian terhadap kerusakan yang terjadi disaat kita melakukan pekerjaan, "itu juga menjadi prioritas kami, kita akan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi saat melakukan pekerjaan ini," tegasnya.


Diakir kunjungan media ini, Konsultan Supervisi kembali mengatakan agar pihak kontraktor pelaksana senantiasa tanggap terhadap keluhan masyarakat, dan pertahankan kelengkapan K3, dan selalu perhatikan parkir atau antrian truk  agar tidak menimbulkan kemacetan, paparnya.(deni/ tim)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->