Pasca Roboh Karena Banjir, Infrastruktur Batang Tambuo Dipastikan Segera Kembali Maksimal - Go Asianews

Breaking


Wednesday, February 16, 2022

Pasca Roboh Karena Banjir, Infrastruktur Batang Tambuo Dipastikan Segera Kembali Maksimal

Infrastruktur Pengendalian Banjir Batang Tambuo di Kab.Agam Sumatera Barat


GoAsianews.com

Agam (SUMBAR) - Bergerak cepat dan sangat koperatif, robohnya Infrastruktur Pengendalian Banjir Batang Tambuo di Kabupaten Agam langsung ditanggapi oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang), berseta pihak rekanan terkait (Kontraktor Pelaksana dan Supervisi). Sebagaimana diketahui, saat ini infrastruktur tersebut masih dalam masa pemeliharaan, pasca selesai PHO di akhir Desember 2021 lalu.


Beberapa meter infrastruktur Lining sungai Batang Tambuo beberapa waktu lalu sempat terdampak (ambruk), hal ini dikarenakan derasnya gerusan air sungai yang disebabkan tingginya intensitas curah hujan diwilayah Kota Bukittinggi, Kab.Agam dan sekitarnya, yang menjadi hulu aliran Batang Tambuo. Bahkan pada waktu kejadian tersebut (1/02/2022) malam Kota Bukittinggi sempat mencekam dan lumpuh karena tingginya genangan air, dan sekitar 210 warga dilaporkan mengungsi.


Tingginya intensitas curah hujan juga berdampak pada infrastruktur lain, jembatan sebagai akses vital warga yang berdomisili disepanjang bantaran sungai Batang Tambuo Nagari Koto Tangah Kec.Tilatang Kamang Kab.Agam juga mengalami kerusakan parah. Jembatan tersebut ambruk (hayut) karena derasnya arus air sungai.


"Pada saat terjadi curah hujan yang tinggi di daerah Kota Bukittinggi, Kab. Agam dan sekitarnya dari Selasa malam, Rabu kami terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan" terang BWSS V Padang melalui Yusma Elfita Kasatker SNVT PJPA WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Propinsi Sumatera Barat yang dihubungi melalui selulernya (6/02/2022) lalu.


Lebih lanjut, Yusma Elfita yang saat itu dihubungi memaparkan,  "pada Rabu pagi (2/02 2022) bersama dengan Pemda setempat, tim BWSS V Padang berseta kontraktor dan supervisi, melakukan peninjauan lapangan untuk melihat infrastruktur yang terdampak banjir.


"Dan dihari yang sama, kami minta penyedia jasa untuk segera melakukan perbaikan. Dan pada Kamis (4/02/2022) peralatan sudah berada di lapangan dan melakukan perbaikan. 


Hampir dua pekan berselang, dan terkait kondisi terkini, Rio Febrianto, selaku Humas PT.Daka Megaperkasa (Kontraktor Pelaksana pembangunan pengendalian banjir Batang Tambuo) yang dihubungi memastikan infrastruktur yang terdampak akan segera maksimal. 


"Kami pastikan infrastruktur yang terdampak (Lining yang roboh) akan segera maksimal" ucapnya saat ditemui Rabu(16/02/2022).


"Perbaikan yang kami lakukan bukan saja pada bagian Lining yang roboh, tapi juga pada titik-titik lain, seperti pada bagian-bagian dasar sungai yang mengalami gerusan yang hebat" jelasnya.


Terkait Infrastruktur jembatan yang mengalami kerusakan, Pemerintah Nagari setempat dan masyarakat sekitar sungai Batang Tambuo mengucapkan terimakasih yang tak terhingga pada pihak PT.Daka Megaperkasa yang telah sukarela memperbaiki Fasilitas Umum tersebut.

Fasilitas umum (Jembatan) sebagai akses vital warga setempat yang roboh karena banjir, dan perbaikannya dilakukan oleh PT.Daka Megaperkasa secara sukarela


"Terkait perbaikan jembatan yang kami lakukan.., itu bagian dari sosial dan kepedulian pada sesama, dan hal ini tidak perlu dibesar-besarkan" jelas Rio sembari tersenyum. 


Secara terpisah, BWSS V Padang menjelaskan, penanganan pada bagian-bagian yang mengalami kerusakan tengah berlangsung.


"Penanganan pada bagian-bagian yang mengalami kerusakan tengah berlangsung" jelas BWSS V Padang melalui Yusma Elfita, Kasatker SNVT PJPA WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Propinsi Sumatera Barat yang dihubungi Rabu (16/02/2022).


"Tim kami selalu memantau pelaksanaan perbaikan dan melaporkan perkembangannya" 


"Dan dari kemaren seluruh pasokan material yang dibutuhkan telah didatangkan dan direadykan oleh pelaksana" ucap Elfita.


Kami juga memastikan, perbaikan yang dilakukan sesuai standar, hingga kualitas struktur bangunan pengendalian banjir Batang Tambuo tetap terjaga sebagaimana yang kita harapkan" tutupnya. (deni)


Berita Terkait : Tingginya Intensitas Hujan, Infrastruktur Pengendalian Banjir Batang Tambuo Terdampak

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->