PKM Universitas PGRI Sumatera Barat "Carikan Solusi untuk SMP Muhammadiyah 1 Padang Terkait Kendala Pembelajaran Daring" - Go Asianews

Breaking


Thursday, December 2, 2021

PKM Universitas PGRI Sumatera Barat "Carikan Solusi untuk SMP Muhammadiyah 1 Padang Terkait Kendala Pembelajaran Daring"

Tim PKM Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat, bersama Guru SMP Muhammadiyah 1 Padang.


GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Sistem pembelajaran secara “daring” menjadi pilihan tunggal dalam kondisi pandemi Covid 19. Proses belajar mengajar antara tenaga pendidik dan peserta didik yang semula dengan interaksi langsung berubah menjadi tidak langsung.


Dimasa pandemi, perubahan sistem pembelajaran ke daring ini menjadi tantangan besar yang tidak terelakkan bagi dunia pendidikan.


Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran daring diantaranya adalah kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka online, pemanfaatan learning management system, hingga pelaksanaan ujian secara online.

SMP Muhammadiyah 1 Padang.


Pembelajaran daring atau jarak jauh (PJJ) bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi menggunkan perangkat mobile atau PC yang dapat menghubungkan antara siswa dan guru.


Hal tersebut mengakibatkan munculnya beberapa kesulitan pekerjaan yang harus dilaksanakan secara online. Salahsatunya dalam bidang pendidikan, seorang guru harus dapat melaksanakan aktivitas mengajar secara online. Hal ini dapat dianggap sebagai hambatan besar bagi seorang guru yang buta teknologi. Sehingga penyampaian dan evaluasi materi tidak dapat tersampaikan dengan baik. 


Oleh karena itu diperlukan solusi bagi guru untuk dapat memahami bagaimana cara menyampaikan materi dan evaluasi materi kepada siswa sehingga dapat tersampaikan melalui media online.


Terkait hal tersebut, melalui giat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sebagai salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari Perguruan Tinggi, maka Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat yang diketuai oleh Zikra,M.Pd, yang beranggotakan Febri Yanti,M.Pd, Syahmitul Rafita, Rani Sri Wahyudi, dan Cici Wulandari melakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Padang.


"Pelaksanaan pendidikan harus tetap berjalan, meski ditengah Pandemi Covid-19," ucap Ketua tim PKM Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Zikra,M.Pd.


"Dan proses pembelajaran secara daring menjadi pilihan tunggal dalam situasi seperti ini"


Lebih lanjut Zikra,M.Pd. yang didampingi oleh rekan-rekannya menjelaskan, "agar tetap tercapainya kualitas dan kuantitas pendidikan yang baik sesuai standar, kami dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat telah melakukan PKM di SMP Muhammadiyah 1 Padang.


"Dan PKM sebagai salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kami lakukan ini telah menyimpulkan beberapa permasalahan, dan mencarikan solusi atas semua permasalahan-permasalahan yang ada. Dan Alhamdulillah, saat ini pelaksanaan pembelajaran sistem daring di SMP Muhammadiyah 1 Padang bisa lebih baik," ucapnya. 

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->