Dampak Erupsi Gunung Semeru, Komisi V DPR-RI Minta BNPB & BPBD Cepat Tanggap - Go Asianews

Breaking


Saturday, December 4, 2021

Dampak Erupsi Gunung Semeru, Komisi V DPR-RI Minta BNPB & BPBD Cepat Tanggap



GoAsianews.com

Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti turut prihatin atas terjadinya erupsi Gunung Semeru. Ia pun meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dan bekerjasama untuk memberikan bantuan tanggap darurat kepada daerah yang terdampak, terutama Lumajang dan sekitarnya. 


“Saya turut merasa prihatin dengan musibah erupsi Gunung Semeru yang terjadi hari ini. Saya meminta BNPB dan BPBD segera koordinasi dan bekerjasama untuk memberikan bantuan tanggap darurat," kata Novita dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Sabtu (4/12/2021). Diketahui, erupsi Gunung Semeru diawali getaran banjir lahar atau guguran awan panas telah menyebabkan sekitar titik lokasi gelap akibat kabut abu vulkanik.


Peningkatan aktivotas vulkanik Gunung Semeru ini terpantau pada Sabtu, 4 Desember 2021 pada pukul 15.20 WIB. Laporan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candirupuro mencatat banjir lahar dimulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter. 


“Saya mendengar, kondisi di Lumajang saat ini gelap gulita karena abu vulkanik. Dan masyarakat yang dievakuasi butuh segera tempat tidur yang layak, selimut, dan makanan. Dan saya juga diberitahu, di beberapa desa terdapat masyarakat yang terjebak dan masih berlindung di mesjid ini perlu segera dievakuasi,” pungkas Novita.


Lebih lanjut Novita menyampaikan akan terus memantau perkembangan terkini dari lokasi kejadian bencana untuk memastikan tanggap darurat dapat diberikan secara optimal kepada masyarakat terdampak. “Semoga tidak ada korban jiwa dari musibah ini, besar harapan dan doa saya,” tutup politisi Partai Gerindra tersebut. (ann/sf)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->