Peringatan Tsunami Gempa 7,2 Jepang Dicabut - Go Asianews

Breaking

Saturday, March 20, 2021

Peringatan Tsunami Gempa 7,2 Jepang Dicabut


GoAsianews.com

JEPANG - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang Negara Jepang di wilayah Miyagi, Sabtu (20/3).


Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan gempa terjadi pada Sabtu (20/3) pukul 18.09 waktu setempat pada kedalaman 60 kilometer (37 mil) di perairan Pasifik di lepas pantai wilayah Miyagi dan getarannya juga terasa di ibu kota Jepang, Tokyo.


Gempa yang terjadi saat itu menimbulkan gelombang tsunami setinggi 1 meter yang kemudian menghantam sebagian pantai Jepang.


Dilansir dari saluran televisi lokal NHK melaporkan gelombang tsunami pertama hingga satu meter menghantam daratan tak lama setelah gempa bumi terjadi


Mendapati kejadian itu, pihak berwenang setempat lalu mengeluarkan peringatan tsunami untuk Jepang setelah gempa berkekuatan 7,2 di lepas pantai prefektur Miyagi tersebut.


Sekitar satu jam setelah gempa, badan Meteorologi Jepang atauJapan's Meteorological Agency (JMA) telah mencabut peringatan tsunami.


Namun, meski peringatan tsunami telah dicabut, JMA mengimbau warga untuk tetap menghindari daerah pesisir.


"Meski anjuran tsunami telah dicabut, beberapa perubahan permukaan laut mungkin saja terjadi. Mohon jangan pergi ke daerah pesisir," kata JMA seperti dilansir 


Badan meteorologi tersebut menambahkan bahwa gempa susulan lainnya mungkin kembali mengguncang di daerah yang sama.


"Ini adalah area yang telah menyaksikan aktivitas seismik aktif yang berkelanjutan," kata seorang ahli seismologi JMA saat briefing yang disiarkan televisi secara nasional.(*)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->