Melalui Hibah 2.031 Sambungan Air, PDAM Tirta Langkisau Bertekad Tingkatkan Layanan dan Kesehatan Masyarakat - Go Asianews

Breaking

Monday, October 5, 2020

Melalui Hibah 2.031 Sambungan Air, PDAM Tirta Langkisau Bertekad Tingkatkan Layanan dan Kesehatan Masyarakat

 

Direktur PDAM Tirta Langkisau Pessel , Gusdan Yuwelmi

GoAsianews.com

Pessel (SUMBAR) - Perusahaan DaerahAir Minum ( PDAM ) Tirta Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menerima program hibah pemasangan sambungan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (SR-MBR) sebanyak 2.031 unit untuk tahun ini.


Direktur PDAM Tirta Langkisau Pessel , Gusdan Yuwelmi mengungkapkan, hibah SR-MBR adalah merupakan program Kementerian PU-PR dalam meningkatkan layanan air bersih minum bagi masyarakat berekonomi rendah yang merupakan hak dasar bagi masyarakat.



"Kita berharap dan bertekad melalui program ini, kualitas kesehatan masyarakat semakin meningkat" ungkapnya (Senin 5/10).


"Sebab kebutuhan dasar masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam memperoleh air yang bersih dan higienis akan terpenuhi secara bertahap"


"Dari 2.031 yang tersebar, unit yang paling banyak mendapatkan SR-MBR ini yakni Inderapura. Itu ada sebanyak 362 SR dan selebih terbagi di seluruh unit yang ada di Tirta Langkisau," tambahnya


Lebih lanjut Yuwelmi menjelaskan, untuk mendapatkan hibah SR-MBR ada kriteria yang harus dipenuhi Pemda dan masyarakat. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor: 12/SE/DC/2017 tentang Pedoman Pengelolaan Program Hibah Air Mium dan Sanitasi.


Menurutnya, salah satu syarat atau kriteria Pemerintah Daerah penerima hibah adalah memiliki PDAM dan Perda tentang Penyertaan Modal Pemerintah (PMP). Sedangkan, syarat dan kriteria untuk masyarakat penerima manfaat, di antara lain haru bersedia dan memenuhi persyaratan sebagai pelanggan PDAM serta bersedia membayar biaya pemasangan sambungan rumah sesuai yang ditetapkan PDAM .


Dengan ketentuan besarnya lebih rendah daripada biaya pemasangan sambungan rumah reguler,"terangnya.


Diketahui, hingga kini Pemerintah Pusat terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses aman air minum, terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di sejumlah daerah. Upaya tersebut sejalan dengan Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui ketersediaan infrastruktur dasar, khususnya air bersih (hms/dn)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->