IKW Dimata AWAK, DPD AJOI, DPD SMSI, DPD PPWI Sumbar dan Humas Pemko Padang - Go Asianews

Breaking

Wednesday, May 9, 2018

IKW Dimata AWAK, DPD AJOI, DPD SMSI, DPD PPWI Sumbar dan Humas Pemko Padang


Goasianews.com
Padang (SUMBAR) - Marhaban Ya Ramadhan. Dalam rangka menyambut masuknya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, puluhan pimpinan dan awak media yang tergabung dalam wadah sosial Ikatan Kekeluargaan Wartawan (IKW) melaksanakan kegiatan rekreasi ke kawasan wisata Bungus Teluk Kabung (Bungtekab),  Kota Padang, Rabu (9/5/2018).

Kegiatan rekreasi ini turut di hadiri oleh para undangan, seperti perwakilan rekan-rekan seprofesi dari SMSI Sumbar, AWAK Sumbar, DPD PPWI Sumbar dan perwakilan dari Humas Pemko Padang.


Saat santap siang di RM Keluarga yang berlokasi di Bungus Teluk Kabung jalan Padang - Painan, Ketua IKW, Ecevit Demirel, memaparkan, memasuki momentum bulan suci tahun ini, ia beserta puluhan rekan seprofesi di IKW bersepakat untuk "badoncek" lalu melaksanakan kegiatan rekreasi ini dalam rangka lebih mempererat uhkuwah. 

"Alhamdulillah, ini kali ke sekiannya kami melaksanakan kegiatan rekreasi bersama-sama, setelah beberapa waktu lalu bersama-sama pula berkonvoi, rekreasi ke kawasan wisata Harau, Kabupaten Limapuluh Kota".

Ecevit juga menegaskan "IKW murni sebuah wadah sosial beranggotakan wartawan dan pemilik media, bersifat independen dan tidak berafilisasi dengan kepentingan politik apapun juga. Termasuk pada moment Pilkada Serentak 2018 ini, IKW tidak menyatakan atau memberikan dukungan kepada satu pun pasangan calon kepala daerah (paslon kada)", tuturnya.

Ecevit Demirel yang akrab dengan sapaan 'ede' ini juga merupakan Ketua DPD AJOI Sumbar (Dewan Pimpinan Daerah Aliansi Jurnalis Online Indonesia). Ede lebih lanjut menjelaskan "Kebersamaan yang terbangun dalam IKW ini menjadi sebuah referensi bagi kami di AJOI Sumbar dalam memupuk sebuah rasa saling empati dan peduli sesama anggota,"ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua SMSI Sumbar (Serikat Media Siber Indonesia) Yal Aziz menyampaikan "IKW memang luar biasa, bisa menyatukan pemilik atau pengusaha media dan anggotanya dengan baik, ini sebuah bukti nyata saya lihat, saya sangat merasa bangga sekali", sebutnya.

"Hal ini harus di tingkatkan terus dengan saling bersilahturrahmi, sehingga PERS di Sumbar pada umumnya dan Kota Padang  khususnya akan menjadi pers yang cerdas, cepat, tepat dan akurat dalam mengelola informasi dalam menyebarluaskan informasi ke publik" harapnya.

Wakil Ketua DPD PPWI Sumatera Barat (Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Rifnaldi pada kesempatan itu juga menangapi "kebersamaan yang terbangun di tubuh IKW patut di contoh, aura kebersamaan tersebut sangat kental saya rasakan di sini, dan ini bukan sebuah lipservice, semoga hal ini tetap berjalan hingga generasi berikutnya, ungkap Rifnaldi.

Pada kesempatan yang sama, Herman Tanjung ketua AWAK Sumbar (Aliansi Wartawan Anti Kriminalisasi) menuturkan "saya senang dengan budaya kebersamaan yang ada dalam tubuh IKW, dan yang membuat saya salut IKW selalu membuka pintu selebar-lebarnya pada rekan-rekan seprofesi di luar keanggotaan IKW untuk berdiskusi saat terjadi benturan atau persoalan di lapangan, IKW selalu mensupport para pemilik media dan insan media yang mengalami masalah, ini yang membuat saya angkat topi dengan IKW, semoga IKW tetap selalu begini dan kebal dengan virus kepentingan sesaat, terutama kepentingan politik" ungkap Herman sembari tersenyum. 

Tafrizal Chaniago, perwakilan Humas Pemko Padang yang sekaligus Dewan Pembina IKW  mengaku salut dan bangga melihat begitu kompak dan solidnya segenap anggota IKW, baik dalam suka maupun duka. 

"Kebersamaan yang terbangun dalam wadah sosial IKW patut menjadi contoh bagi kelompok-kelompok wartawan dimana saja berada," ungkapnya.

Lebih lanjut Tafrizal menambahkan "Tahun ini merupakan tahun politik, Pilkada serentak digelar pada beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Padang dan Sumatra Barat pada umunya saya berharap anggota IKW memberikan kontribusi agar terwujudnya pilkada yang damai dan berdusanak dalam menjalankan profesinya hingga saat menyajikan pemberitaan, anggota IKW harus lebih selektif dalam menyaring informasi yang di peroleh sebelum melepaskannya kembali ke publik, agar tidak terjadi kontrofersi di masyarakat yang memicu perselisihan, harap Tafrizal.  

Sekretaris IKW, Nal Koto, menambahkan, wadah sosial IKW saat ini beranggotakan 53 orang yang terdiri dari media online dan cetak. Jumlah anggota meningkat signifikan, seiring terus eksis dan intensnya wadah ini berkegiatan sosial dengan prinsip "dari anggoata dan untuk anggota". Diharapkan, rasa kebersamaan yang telah terjalin selama ini semakin menguat, seiring berjalannya waktu," imbuhnya. (dn/ikw)



No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->