SUAMI DARAH 'B', ISTERI DARAH 'A', TAPI BAYI DARAH 'O'. ADAKAH ISTERIKU CURANG? - Go Asianews

Breaking


Saturday, August 5, 2017

SUAMI DARAH 'B', ISTERI DARAH 'A', TAPI BAYI DARAH 'O'. ADAKAH ISTERIKU CURANG?

Goasianews
Suatu sore di sebuah rumah sakit bersalin swasta: "TAHNIAH! Mr dan istri mendapat seorang bayi perempuan yang sangat cantik. Keputusan darah thyroid dan G6PD normal. Kumpulan darah bayi adalah O positif. 
"Kata dokter spesialis kebidanan kepada Mr N dan Puan H. Kegembiraan menimang cahaya mata sulung segera pudar pada wajah Mr N." 
Darah aku jenis B, darah isteri aku jenis A. Macam mana anak kami bisa darah O pulak? 
"Seorang ahli biologi, Karl Landsteiner menemukan kelompok darah ABO dalam tahun 1900. Hasil temuan ini telah melayakkan beliau menerima hadiah nobel pada tahun 1930. Grup darah ditentukan oleh faktor genetik melalui 3 jenis gen: A, B, O. Setiap individu normal akan memiliki dua salinan dari setiap gen, satu dari ibu, satu ayah. Jadi, dalam menentukan jenis golongan darah, ada kemungkinan untuk memiliki 6 jenis kombinasi gen yang berbeda: AA, AB, AO, BB, BO dan OO. (GEN: English = gene. Gen di sini dikaitkan dengan GENETIK. Bukan GENERASI.) 
Tempat ketiga gen A, B dan O, gen O adalah 'recessive' (tidak dominan). Ini berarti kombinasi gen AO akan menghasilkan kelompok darah A, kombinasi BO akan menghasilkan kelompok darah B. Darah O hanya akan dihasilkan dari kombinasi OO. Setelah kita mengerti tentang gen yang dominan pada setiap individu (ayah ATAU ibu), sekarang kita coba pahami pula tentang kombinasi ini dari dua individu (ayah dan ibu). 
Katakan: Darah ibu adalah jenis A dengan kombinasi AO. Darah tua adalah jenis B dengan kombinasi BO. Kombinasi gen yang mungkin datang dari ibu DAN ayah adalah: AO, AB, BO, OO. (Gen dari ibu di sebelah kiri, gen dari ayah di sebelah kanan) Dengan memahami bahwa gen A dan B lebih dominan dari gen O, maka kombinasi yang berbeda akan menghasilkan kelompok darah yang berbeda: AO = Darah jenis A. AB = Darah jenis AB (A dan B sama-sama dominan). BO = Darah jenis B. OO = Darah jenis O. Ini berarti, anak-anak Mr N dan Puan H dapat memiliki salah satu dari jenis golongan darah di atas.

Situasi ke-2 dan ke-3 di bawah masih menunjukkan ibu memiliki darah A dan ayah darah B. Tapi dengan kombinasi gen yang berbeda. 
Situasi kedua: Darah ibu: jenis A dengan kombinasi AA. Darah tua: jenis B dengan kombinasi BB. Kombinasi gen yang mungkin datang dari ibu DAN ayah adalah: AB, AB, AB, AB. Maka, bayi akan memiliki golongan darah AB saja. 
Situasi ketiga: Darah ibu: jenis A dengan kombinasi AA. Darah tua: jenis B dengan kombinasi BO. 
Kombinasi gen yang mungkin datang dari ibu DAN ayah adalah: AB, AB, AO, AO Maka, bayi dapat memiliki golongan darah AB atau A saja. Ini adalah jenis kombinasi genetik yang mungkin dihasilkan. Seseorang itu masih memiliki kemungkinan utk mendapatkan anak berdarah O. Meskipun orangtuanya memiliki darah A dan B Kesimpulannya: Istri Mr N tidak curang. Bayi mereka memiliki kombinasi gen OO.
 
#Gan/translate scriptersnews US

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->