Pesona Wisata Alam Danau Singkarak - Go Asianews

Breaking


Tuesday, August 15, 2017

Pesona Wisata Alam Danau Singkarak


Goasianews.com
SUMBAR--- Salah satu wisata alam yang tak kalah menarik dan menjadi kunjungan yang menarik dikunjungi. Danau Singkarak adalah destinasi wisata alam nan apik, selain dikelilingi pegunungan yang menarik perhatian para wisatawan saat bertandang ke Sumatera Barat.



Geografis

Danau Singkarak adalah danau terluas kedua di Sumatra setelah danau Toba. Danau ini berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Danau Singkarak berada pada letak geografis koordinat 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11.200 hektare dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. Danau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 melimeter per bulan.

Danau Singkarak terbentuk akibat proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatra. Danau ini merupakan bagian dari Cekungan Singkarak- Solok yang merupakan segmen dari Sesar Sumatra. Cekungan ini adalah sebuah amblesan yang terbentuk karena pergerakan Sesar Sumatra. Cekungan besar ini terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunung api sekitarnya.

Karena tergolong dalam kategori danau tektonik, ukuran Danau Singkarak masih dapat berubah mengikuti pergeseran lempeng bumi. Menurut hasil penelitian para ahli, panjang danau pada awalnya hanya 3 km, kemudian bertambah menjadi 8 km, 13 km dan sekarang sekitar 23 km. Panjang danau ini diperkirakan masih akan terus bertambah.




Ekologi

Tercatat sekitar 19 jenis ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak saat ini. Salah satu dari jenis ikan tersebut adalah ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Ikan bilih menjadi istimewa karena hanya bisa hidup di danau ini saja. Banyak yang mencoba mengembangbiakkan ikan ini di luar Danau Singkarak, namun selalu gagal karena ikan bilih selalu mati.

Dari 19 spesies itu, tiga spesies di antaranya memiliki populasi kepadatan tinggi, yakni ikan Bilih/Biko (Mystacoleusus padangensis Blkr), Asang/Nilem (Osteochilus brachmoides) dan Rinuak. Spesies ikan lainnya yang hidup di Danau Singkarak adalah, Turiak/turiq (Cyclocheilichthys de Zwani), Lelan/Nillem (Osteochilis vittatus), Sasau/Barau (Hampala mocrolepidota) dan Gariang/Tor (Tor tambroides).

Kemudian, spesies ikan Kapiek (Puntius shwanefeldi) dan Balinka/Belingkah (Puntius Belinka), Baung (Macrones planiceps), Kalang (Clarias batrachus), Jabuih/Buntal (Tetradon mappa), Kalai/Gurami (Osphronemus gurami lac) dan Puyu/Betok (Anabas testudeneus).


Selanjutnya, spesies ikan Sapek/Sepat (Trichogaster trichopterus), Tilan (mastacembelus unicolor), Jumpo/Gabus (Chana striatus), Kiuang/Gabus (Chana pleurothalmus) dan Mujaie/Mujair (Tilapia pleurothalmus).

Dengan hanya ada 19 spesies ikan yang hidup di Danau Singkarak menunjukkan keanekaragaman ikan di tempat itu tidak telalu tinggi. Kondisi mesogotrofik Danau Singkarak yang menyebabkan daya dukung habitat ini untuk perkembangan dan pertumbuhan organisme air seperti plankton dan betos, sangat terbatas.

Dari beberapa kali penelitian menunjukan populasi plankton dan betos di Danau Singkarak sangat rendah.Padahal komunitas plankton (fitoplankton dan zooplankton) merupakan basis dari terbentuknya suatu mata rantai makanan dan memegang peranan sangat penting dalam suatu ekosistem danau.Kondisi tersebut, menyebabkan sumber nutrisi utama ikan secara alamiah umumnya adalah berbagai jenis plankton dan bentos.


Sarana Pendukung


Tersedianya restoran (rumah makan) dan Hotel (penginapan) serta aneka permainan air. Danau Singkarak juga dilengkapi dengan dermaga apung yang terkenal.

#deni/ Mbenangmerah


1 comment:

  1. BANDAR KARTU ONLINE TERBESAR DAN PASTINYA TERPERCAYA
    www.Zoya99.com DAPATKAN BONUS" EXTRA HANYA DISINI
    - BONUS ROLINGAN TERBERSAR
    - BONUS REFERALL TERBANYAK
    RASAKAN SENSASI SELAMA BERMAIN DISINI
    DENGAN PELAYANAN CS YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    RAMAH, BAIK, DAN JUGA SOPAN
    DENGAN MODAL Rp.20.000 Ribu Saja
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7 GAME SEKALIGUS
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    Cerita Sex: http://zoyasex.blogspot.com/2017/10/sarapan-pagi-yang-sangat-nikmat.html

    ReplyDelete

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->