Menelisik Pelaksanaan Pembangunan Bronjong Daerah Aliran Sungai Kec.Lubeg - Go Asianews

Breaking


Wednesday, October 2, 2019

Menelisik Pelaksanaan Pembangunan Bronjong Daerah Aliran Sungai Kec.Lubeg


Goasianews.com
Padang (SUMBAR) - Sesuai peruntukannya, bronjong sangat produktif digunakan pada tebing-tebing tanah untuk menahan tanah agar tidak longsor, juga tebing sungai pada pelaksanaan pekerjaan normalisasi sungai, dan bronjong juga berfungsi untuk mengatasi gerusan air sungai disaat alirannya deras.

Selain pada kualitas kawat, efesien kekuatan dan fungsi bronjong juga terletak pada material batunya, seperti besaran ukuran batu dan jenis batu.

Banyaknya ruang-ruang kosong pada susunan batu.

Terkait kegiatan pemasangan bronjong penahan tebing pada daerah aliran sungai di kawasan Kec.Lubeg Kota Padang-Sumbar, menurut warga sekitar pelaksanaan pekerjaan ini baru saja selesai sekitar dua bulan lalu. 

"Kegiatan ini baru saja selesai lebih kurang dua bulan lalu" terang Ad pada Goasianews.com  (30/09/2019)

Sungguh disayangkan, dari penelusuran Goasianews.com di lapangan, keefesianan fungsi dan kekuatan bronjong ini sangat di ragukan oleh warga sekitar, karena banyaknya material batu yang berukuran kecil.

"Kami awam masalah teknik-teknik kontruksi seperti ini, namun secara logika dan kasat mata kami menganalisa saat terjadi hujan dapat di pastikan batu-batu kecil ini akan hanyut terbawa derasnya aliran arus sungai" tambah Ad.

Kondisi dilapangan banyak di temukan ukuran material batu yang kecil, malah lebih kecil dari ukuran lobang anyaman, dan juga di temukan ruang-ruang kosong pada susunan batu.


Menurut ketentuan standar Kementrian PUPR, Material batu yang akan dipakai untuk Bronjong Kawat Pabrikasi dan Bronjong Angkur harus terdiri dari batu yang bersih, keras agar dapat tahan lama, berbentuk bulat atau persegi.

Ukuran batu yang diijinkan untuk digunakan adalah antara 15 cm – 25 cm (toleransi 5%) dan sekurang-kurangnya 85% dari batuan yang digunakan harus mempunyai ukuran yang sama atau lebih besar dari ukuran tersebut serta tidak boleh ada batuan yang diijinkan melewati lubang anyaman.

Hingga berita ini di tayangkan, media ini masih berupaya untuk menghubungi pihak-pihak terkait yang bekompeten pada kegiatan tersebut.

#tim/dn

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->