HUT 186 Tahun Kab Padang Pariaman, Faisal Arifin: Jangan Lupa Sejarah - Go Asianews

Breaking

Saturday, January 12, 2019

HUT 186 Tahun Kab Padang Pariaman, Faisal Arifin: Jangan Lupa Sejarah


Goasianews.com
Padang Pariaman (SUMBAR) - Meskipun banyak pihak yang memperdebatkan penetapan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya Ultah ke-185 ini terlaksanan juga, pada Kamis (11/1/19) di Aula Bupati, Parit Malintang, Pariaman.

Hadir dalam acara ini Gubernur Sumatra Barat Iwan Prayitno, Angota DPR RI lronardi Armayni, serta tamu undangan 19 perwakilan Walikota dan Bupati se Sumatera Barat dan perwakilan PKDP tingkat Provinsi, kota dan Kabuparen se Indonesia, acara dibuka lansung oleh ketua DPRD Padang Pariaman H. Faisal Arifin.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman, Faisal Arifin selesai acara menyebutkan, dari catatan sejarah Pariaman ini telah berdiri sejak 1833 yang saat ini telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah No 6 Tahun 2014. 

"Kalau kita bicara sejarah kita HUT tersebut Kabupaten Padang Pariaman telah terbentuk jauh sebelum 1833 yang wilayahnya meliputi mulai dari Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat sampai ke perbatasan Padang-Pesisir Selatan, akan tetapi setelah keluar Perda No 6 Tahun 2014 kita sudah memperingatinya ke dua kali, jadi jangan lupa sejarah," katanya.

Penetapan tersebut menurutnya, berdasarkan diskusi panjang yang melibatkan sejumlah pihak termasuk akademisi dan menyeminarkannya, berdasarkan wilayah tersebut maka Kota Padang masuk sebagai bagian dari Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang sendiri telah berusia 348 tahun sehingga usia Padang Pariaman seharusnya lebih tua dari Kota Padang.

"Padang Pariaman seharusnya lebih tua dari Kota Padang, jadi berdasarkan bukti sejarah dan akademik Hut ini masih mengarah pada 11 Januari 1833," jelas dewan yang sudah dua kali menjadi angota DPRD kabupaten Padang Pariaman ini.

Oleh karena itu katanya, ke depan pihak DPRD kabupaten Padang Pariaman akan mengutus perwakilan ke Belanda guna memastikan kapan Kabupaten Padang Pariaman terbentuk.

"Kita rayakan HUT Padang Pariaman dulu, jika ditemukan sejarah pastinya maka kita lakukan pembahasan setelah mengutus tim ke Belanda," katanya.

Ia menyebut penetapan HUT Padang Pariaman pada 11 Januari 1833 berdasarkan adanya perlawanan serentak warga daerah itu terhadap Belanda serta adanya pembentukan "Afdeeling" atau Kabupaten Padang Pariaman pada tahun tersebut.

Faisal Arifin yang juga sedang mencalon menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Partai Golkar nomor urut 2 dapil II Kabupaten dan Kota Pariaman ini menegaskan peringatan HUT Kabupaten Padang Pariaman seharusnya mulai diselenggarakan pada 2015 lalu.

"Namun karena kondisi serta adanya sejumlah pertimbangan maka peringatan tersebut baru bisa diselenggarakan saat ini," pungkasnya.

#hms

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->