Jepang Kembali Jadi Tuan Rumah World Expo 2025 - Go Asianews

Breaking

Sunday, November 25, 2018

Jepang Kembali Jadi Tuan Rumah World Expo 2025

Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko (kiri) dan kepala Komite World Expo 2025 Jepang Sadayuki Sakakibara (tengah), merayakan kemenangan pemungutan suara di Majelis Umum ke-164 Bureau International des Expositions (BIE) di Paris, Jumat, 23 November 2018. Jepang Osaka akan menjadi tuan rumah World Expo pada 2025, mengalahkan Rusia dan Azerbaijan untuk acara yang menarik jutaan orang. [AP Photo / Christophe Ena]

Goasianews.com
Paris (PRANCIS) - World Expo merupakan sebuah acara yang memiliki gengsi tertinggi di dunia yang mampu menarik jutaan pengunjung, selain memamerkan ekonomi dan budaya lokal, agenda World Expo juga mencari solusi dari tantangan yang dihadapi umat manusia sedunia.

Hanya negara-negara maju dan kaya yang akan menjadi tuan rumah dalam ajang ini.

Kota Osaka di Jepang akan menjadi tuan rumah World Expo atau Pameran Dunia pada 2025, setelah mengalahkan kota-kota di Rusia dan Azerbaijan dalam pemungutan suara untuk tuan rumah di Paris, Prancis.

Kegembiraan delegasi Jepang pecah di auditorium Paris ketika 170 negara anggota ketika Bureau International des Expositions memilih Osaka.

Para pejabat Jepang saling berpelukan dan melompat. 

Menteri Ekonomi dan Perdagangan Jepang, Hiroshige Seko, mengatakan, "Luar biasa! Saya senang! Saya juga merasa tanggung jawab berat untuk membuat Expo 2025 berhasil," seperti dilaporkan dari Associated Press, 24 November 2018.

Di Tokyo, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan Jepang akan melakukan upaya maksimal untuk mencapai pameran luar biasa di Osaka yang akan memberikan mimpi dan kejutan kepada semua orang di dunia.

Abe mengatakan pameran dunia di Jepang memberikan kesempatan emas untuk mempromosikan pesona Jepang ke seluruh dunia.

Di masa lampau, World Expo adalah ajang memperkenalkan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel, Ferris Wheel, dan Space Needle Seattle. World Expo sekarang bertujuan mencari solusi untuk tantangan yang dihadapi umat manusia.

Osaka mengusulkan sebuah pameran di pulau buatan dengan tema "Society 5.0" dan bagaimana memanfaatkan robot dan kecerdasan buatan untuk kepentingan publik.

World Expo, yang diadakan setiap lima tahun, dapat bertahan hingga enam bulan dan menghabiskan jutaan dolar untuk menjadi tuan rumah, tetapi dapat membantu menempatkan kota di peta global dengan mendatangkan pengunjung dan perhatian internasional.

Milan menjadi tuan rumah yang terakhir pada 2015, dan Dubai di Uni Emirat Arab akan menjadi tuan rumah berikutnya pada 2020. Namun tidak ada kota AS yang telah menyelenggarakan World Expo sejak tahun 1980-an.

Sementara pesaing Osaka dalam pemilihan World Expo, Kota Rusia Yekaterinburg, menjadi urutan kedua. Sementara Kota Baku, Azerbaijan, berada di posisi ketiga dalam pemilihan suara Jumat 23 November.

Dokumentasi :  Pameran Dunia atau World Expo pertama yang dikenal sebagai "The Great Exhibition", diselenggarakan di Hyde Park, London, Inggris, pada 1851. [The British Library]

Osaka menempatkan diri sebagai pilihan yang aman dan dapat diandalkan, terutama karena telah menyelenggarakan World Expo pada 1970 Expo, sementara kota-kota lain kurang dikenal dan akan menjadi tuan rumah pertama kali.

Para pemimpin di Osaka, kota terbesar ketiga Jepang dan terbesar di Jepang barat, berharap World Expo akan merevitalisasi kota yang telah kehilangan banyak kemewahannya dari Tokyo, ibu kota politik dan ekonomi Jepang.

# deni/ Associated Press

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->